Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA), adakan kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 untuk Dosen dan Mahasiswa. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).(20/07/2024)

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang merupakan kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan pengabdian masyarakat, merupakan salah satu cara Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAI-PG) Universitas Djuanda berpartisipasi dalam pembangunan nasional dan pembangunan daerah di tingkat kabupaten dan kota, terutama di daerah pedesaan. Setiap mahasiswa yang mencapai gelar kesarjanaan (S1) harus mengambil bagian dalam KKN.

Salah satu dari rangkaian pelaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 adalah Pembekalan, Dalam kegiatan ini Mahasiswa diberikan pengarahan terkait Program kegiatan-kegiatan Kuliah Kerja Nyata FAIPG UNIDA 2024, diantaranya program utama yang meliputi penyelesaian stunting, Pendidikan, Penguatan UMKM dan Peningkatan Kualitas SDM Desa, Adapun Program Tambahan yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sesuai dengan bidang keilmuan yaitu dibidang ilmu masing-masing (MPI, PGSD, PBA, ESY dan PBS).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., selaku Dekan, Tuti Kurnia, M.Si, dan Abdul Kholik, M.Pd.i selaku wakil dekan akademik dan non akademik, Dosen dan Mahasisw Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA).

Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M,Pd.I., M.C.E., sampaikan pesan-pesan terkait dengan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat bertemu dengan Bapak/Ibu Dosen, dan teman-teman Mahasiswa dalam kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata tahun 2024 ini, adapun saya hanya ingin menyampaikan satu hal selain kita akan mengaplikasikan ilmu yang mungkin kita dapatkan di bangku perkuliahan, teman-teman juga harus menjaga akhlak, adab dalam kegiatan kuliah kerja nyata yang akan dilaksanakan, jaga nama baik almamater kampus kita” tutur beliau

Abdul Kholik, M,Pd.I., selaku Wakil Dekan Non Akademik sekaligus Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024, sampaikan teknis-teknis dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  2024

“Dalam pembekalan ini saya sampaikan teknik-teknik mengenai Kuliah Kerja Nyata 2024, pada tahap-tahap pelaksanaan KKN yang pertama adalah persiapan dalam tahap persiapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya Orientasi lokasi KKN, Perizinan, Pendaftaran, Pengelompokan dan Penempatan, Pembekalan. Pada tahap Pelaksanaan yang harus diperhatikan meliputi Pemberangkatan/ Pelepasan, Serah Terima Mahasiswa KKN oleh DPL, Pembimbingan oleh DPL, Monitoring, Lokakarya Hasil KKN. dan selanjutnya adalah tahap evaluasi, dalam tahap ini teman-teman harus melaksanakan Penyusunan Laporan (KKN dan PKM), Ujian KKN, Tindak Lanjut; Seminar luaran KKN (artikel)” tutur beliau