Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Sukakarya selenggarakan Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Kelas Melalui Metode dan Media Pembelajaran Kreatif yang bertajuk Sosialisasi Guru Hebat yang diselenggarakan secara luring di Mi Amaliyah Dusun Cijulang, Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung pada Rabu, 9 Agustus 2023.
Kegiatan tersebut diisi oleh Alumni FAIPG UNIDA, Imam Kurniawan, S.Pd dan dihadiri oleh tim KKN FAIPG UNIDA Desa Sukakarya serta diikuti oleh para guru MI Amaliyah. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam upaya melatiha para guru menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan tentunya harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan siswanya terutama dalam penggunaan media pembelajaran dan juga memilih metode pembelajaran yang tepat untuk siswa.
Ketua Pelaksana, Erika Chunja Nurannisa dalam sambutannya menyatakan bahwasanya sosialisasi guru hebat bertujuan untuk mengedukasi dan membantu para peserta sosialisasi atau para dewan guru dalam memahami, mengadopsi, dan menerapkan metode dan media pembelajaran kreatif dalam lingkungan pembelajaran mereka. Target dari pelaksanaan kegiatan untuk mengedukasi guru tentang konsep dan manfaat penggunaan metode dan media pembelajaran kreatif dalam kelas, serta memberikan keterampilan dan strategi untuk mengimplementasikannya dengan baik.
“Target untuk siswa sendiri yaitu agar siswa dapat meningkatkan partisipasi siswa dan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan menyajikan materi pelajaran secara lebih menarik dan interaktif. Semoga sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan hal yang bermanfaat dan sesuai dengan tujuan,” ujarnya.
Sementara itu, Imam Kurniawan, S.Pd selaku narasumber dalam paparan meterinya menyatakan bahwa Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya poroses belajar mengajar.
“Dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif guru harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan siswanya terutama dalam penggunaan media pembelajaran dan juga memilih metode pembelajaran yang tepat untuk siswa. Namun pada kenyataannya banyak sekali guru yang tidak mampu memilih serta menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat. Hal ini mengakibatkan siswa mudah mengalami kebosanan dan tidak semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena kurangnya kekreatifan guru dalam mengelola kelas dengan baik. Pada materi ini tentu para guru akan banyak memahami bagaimana menjadi guru yang hebat bagi para siswanya,”