Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024, kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Universitas Djuanda. (22/07/2024)

 

FAI-PG Universitas Djuanda memberikan kesempatan secara langsung kepada mahasiswa melalui mata kuliah KKN untuk menerapkan kegiatan pembelajaran secara langsung dan mengabdi kepada masyarakat melalui pendekatan interdisipliner dari berbagai ilmu dan keterampilan dalam rangka memadukan dan relevansi kurikulum FAI-PG Universitas Djuanda dengan kemitraan program pembangunan yang ada di daerah, khususnya di pedesaan. Program KKN FAI-PG memiliki tujuan utama memberikan pengalaman pengabdian dan pemberdayaan mahasiswa untuk terlibat sendiri dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

 

Kegiatan Pelepasan tersebut dihadiri Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I., selaku Rektor Universitas Djuanda yang diwakilkan oleh Aal Lukmanul Hakim, M.H., selaku Wakil Rektor 1, Prof. Henny Nuraeny, SH., MH. selaku Wakil Rektor 2, dan Prof. Dr. Rasmitadila, M.Pd. selaku Wakil Rektor 3 Universitas Djuanda, juga dihadiri Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E., selaku Dekan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDa, Tuti Kurnia, M.Si., selaku Wakil Dekan 1 Bagian Akademik, Abdul Kholik, M.Pd. selaku Wakil dekan 2 Non Akademik , Para Dosen Pembimbing lapang (DPL), dan Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) yang ikut dalam kegitan KKN 2024 ini.

 

“Pada waktu yang lalu kami juga memberangkatkan temen-temen yang akan KKN internasional yaitu ke Malaysia,kali ini akan memberangkatkan teman-teman semuanya ke tempat KKN yang berada di 21 Desa di 2 kecamatan dan juga 2 kabupaten, mudah-mudahan teman-teman semua sudah melakukan observasi atau survei awal di tempat KKNnya, seperti salah satu ayat yang dibacakan oleh pak syukri tadi, yang mana artinya adalah tidak akan sama orang yang tidak mengetahui dengan orang yang mengetahui atau orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu itu tidak akan pernah sama. Generasi-generasi muda berilmu, yang insyaAllah ketika di tempat KKN akan mengedukasi bekal ilmu yang sudah didapatkan dibangku perkuliahan kepada masyarakat, mengabdikan diri kepada Masyarakat, berkontribusi terhadap masyarakat, jadi ada banyak program-program yang insyaAllah ketika pembekalan kemaren ibu sampaikan, program-program yang mungkin akan teman-teman buat, satu amanat ibu dimanapun bumi dipijak disitu langit dijunjung, jadi dimanapun teman-teman akan ditempatkan tolong hormati budaya, culture, kebiasaan masyarakat yang disitu agar bisa dihargain juga oleh orang lain” tutur beliau

 

Prof. Dr. Rasmitadila, M.Pd. Selaku Wakil Rektor 3 Universitas Djuanda, memberikan sambutan sekaligus melepas kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) FAIPG Universitas Djuanda 2024 tersebut.

 

“Diharapkan teman-teman yang mengikuti KKN yang didalam kelompok ada beberapa program studi dapat bekerja sama, hal-hal apa yang bisa diberdayakan, hal-hal apa yang bisa diberikan kemanfaatannya kepada masyarakat Desa, Teman-teman di FAIPG bisa membuat 1 program berbasis kepada masalah yang ada di Masyarakat Desa” tutur beliau

 

Kuliah Kerja Nyata  Tematik (KKNT) yang diselenggarakan FAI-PG Universitas Djuanda di tahun 2024 ini adalah KKN Tematik yang dilaksanaakan oleh Mahasiswa dari Semua Program Studi di Lingkungan Universitas Djuanda termasuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syariah (ESI) dan Perbankan Syariah (PBS). Dimana kegiatan ini difokuskan pada program prioritas Kabupaten Bogor yaitu Penyelesaian Stunting, Pendidikan termasuk Wajib belajar 9 tahun,  Penguatan UMKM dan Peningkatan Peningkatan kualitas SDM Desa.